RSS

INDAHNYA PANTAI DI BENGKULU.

Berada di barat daya Pulau Sumatera, jajaran pantai Bengkulu yang berhadapan dengan Samudera Indonesia menghadirkan keindahan yang tiada dua. Berikut beberapa pantai yang dapat dijadikan tujuan berlibur di Bengkulu.

PANTAI PANJANG.


Saat mencari referensi lokasi berlibur dari beberapa warga Bengkulu yang kita temui, nama pantai yang satu ini selalu disebut pertama kali hingga membuat penasaran. Informasi tambahan menyatakan bahwa waktu terbaik untuk mendatangi pantai ini adalah pada pukul 16.00 WIB atau menjelang matahari terbenam. Pantai berpasir putih ini terhampar sepanjang kurang lebih 7 kilometer. Dari panjangnya garis pantai itulah nama Pantai Panjang berasal. Semakin sore, warga Bengkulu dan sekitarnya mulai terlihat ramai berdatangan.

Selain keindahannya, lokasi pantai yang dekat dengan pusat kota ini menjadi tempat strategis berkumpulnya warga menutup hari. Berbeda dengan pantai lain yang pernah dikunjungi, Pantai Panjang ditumbuhi banyak pohon cemara sehingga menjadikan pantai ini terasa unik dan teduh. Di pantai ini, pengunjung tidak diperkenankan untuk berenang, karena ombak dan arus yang kurang bersahabat. Akibat kondisi alamnya, aktivitas air seperti jet ski atau banana boat yang biasa ditemukan di beberapa pantai wisata juga tidak dapat ditemukan. Meski begitu, hal ini tidak menyurutkan minat warga akan pantai ini. Karena, ada banyak aktivitas lain yang dapat dilakukan, di antaranya menikmati beragam makanan laut sambil ditemani alunan ombak dan angin yang menerpa dedaunan, joging, sepak bola, voli pantai atai memancing.


Hal yang menarik adalah, jika kita datang ke pantai ini bertepatan dengan hadirnya musim udang rebon. Tidak perlu jauh melaut, kita bisa melihat warga berbondong-bondong dengan alat seadanya menyaring ombak di tepi pantai untuk mengumpulkan udang berukuran kecil tersebut. Siapa kira, hanya dalam waktu beberapa menit, ember-ember plastik yang juga mereka bawa sudah penuh dengan udang rebon. Bagi warga sekitar, kegiatan ini dapat menambah pemasukan keluarga. Kadang mereka menjual udang rebon itu kepada pengunjung pantai. Kalau tidak ada yang membeli, bisa dibawa pulang untuk dijadikan lauk makan atau dibuat pempek. 


Dari pantai ini juga dapat terlihat sebuah pulau kecil di tengah laut yang dinamakan Pulau Tikus. Untuk mencapai pulau ini pengunjung perlu menyewa perahu dengan harga Rp 200.000-Rp 250.000. Tidak perlu bingung, di tempat ini penyedia jasa tur ke Pulau Tikus mudah ditemui. Di sana, sudah menunggu beberapa kegiatan menarik yang dapat dilakukan, seperti snorkeling. Pantai Panjang memiliki hamparan pasir yang luas. Seperti lokasi wisata lainnya, di tempat ini juga mudah ditemui penginapan dengan harga yang beragam sesuai dengan isi kantong. Pada waktu tertentu, pantai ini juga menjadi lokasi berdirinya panggung hiburan.

PANTAI SUNGAI SUCI.


Jangan terkecoh dengan namanya, Pantai Sungai Suci justru tidak memiliki pantai dan juga tidak memiliki sungai. Memasuki lokasi, yang terlihat justru tebing yang berdiri gagah menghadang ombak yang terkadang tingginya mencapai dua meter atau lebih. Jadi, ada baiknya untuk tidak berdiri terlalu dekat dengan tebing, agar tidak terpercik air laut dan membuat baju basah. Sebuah pulau kecil terlihat menjorok keluar tebing, dua jembatang gantung yang terbuat dari tambang menjadi satu-satunya penghubung pulau. Untuk menyeberangi jembatan ini dibutuhkan kesabaran. Pasalnya, selain harus antre, kebanyakan pengunjung sengaja berjalan pelan di atas jembatan. Alasannya, dari yang takut, karena di bawah jembatan terlihat jelas ombak yang datang, atau ingin mengabadikan momen dengan melakukan swafoto.

Sesampainya di pulau kecil itu, pengunjung disambut dedaunan cemara yang bergoyang tertiup angin. Bangku-bangku plastik dan kayu bercat biru langit menemani pengunjung menikmati keindahan alam Pantai Sungai Suci. Akibat ombak yang tinggi, tidak ada aktivitas air yang bisa dilakukan di pantai ini. Namun di sisi bangunan semi permanen yang menyediakan aneka makanan dan minuman terdapat arena sepeda motor trail. Sayangnya, arena ini hanya digunakan pada waktu tertentu. Jadi, jangan harap setiap hari ada tontonan penuh adrenalin yang mendebarkan di lokasi ini.

PANTAI JAKAT.


Pantai Jakat adalah salah satu pantai yang dapat dijadikan tujuan berlibur bersama keluarga. Di sini, ombak dan arus tidak terlalu kuat sehingga bisa dijadikan lokasi untuk berenang atau bermain air. Tersedia juga banana boat dan penyewaan pelampung berbentuk donat bercat warna-warni yang dibuat dari ban dalam kendaraan bermotor. Tenda-tenda sederhana beratap terpal dapat disewa pengunjung untuk berteduh dari sengatan matahari. Sambil menikmati alam dan waktu kebersamaan keluarga, beragam makanan dan minuman dapat dipesan dengan harga yang ramah di kantong. Sebagai contoh, satu buah kelapa segar cukup ditebus dengan harga Rp 10.000 saja.

Pantai Jakat cocok untuk dijadikan lokasi menikmati matahari terbenam. Agar anda mendapat tempat terbaik menyaksikan keindahan alam ini, datang beberapa jam sebelum matahari terbenam. Deburan ombak yang menghantam lembut bebatuan di sekitar pantai, tawa anak-anak yang berlarian mengejar ombak membuat suasana semakin syahdu dan romantis. Selain dapat memesan makanan dari warung sekitar, beberapa penjaja makanan pun hilir mudik menawarkan olahan hasil laut. Mereka membawa udang, kepiting, cumi, dan telur burung puyuh matang, siap dinikmati menemani sore.

PANTAI PARIWISATA PASAR BENGKULU.


Di tempat ini bisa ditemukan hasil laut berbagai jenis dan ukuran dengan kondisi yang terbaik. Pasalnya, di pasar ini ikan langsung dijual sesaat turun dari kapal nelayan. Bagi warga sekitar, ini menjadi satu keuntungan memiliki rumah yang tidak terlalu jauh dari pasar. Karena di tempat ini, setiap hari warga Bengkulu dapat membeli beragam hasil laut segar untuk keluarga. Selain untuk konsumsi pribadi, pasar ini juga menjadi tujuan pemilik restoran atau rumah makan di sekitar Bengkulu. Bila tak sabar untuk mencicipi sajian laut Bengkulu, di sekitar pantai juga ditemui restoran yang menyediakan makanan laut. Karena dibuat dari hasil laut segar, makanan yang mereka sediakan sungguh istimewa.


Pasar ini berdiri di tengah perkampungan nelayan, saat berkunjung ke tempat ini ada baiknya untuk coba berjalan kaki menyusuri pantai dan melihat perkampungan tersebut. Anda akan menemui beragam aktivitas yang dilakukan warga. Salah satunya, aktivitas membuat atau memperbaiki perahu kayu. Selain dapat dijadikan obyek foto yang menarik, melihat proses pembuatan perahu kayu tradisional ini juga menjadi pengalaman unik. Meski menggunakan mesin berpenggerak listrik untuk mengolah kayu, seluruh proses pengerjaannya masih sangat tradisional. Tanpa menggunakan alat ukur seperti penggaris, seorang pembuat perahu kayu berpengalaman mampu menyusun papan kayu dengan rapat dan presisi.

Saat menikmati keindahan pantai ini di pagi hari dan bila beruntung, anda dapat menemui nelayan yang baru saja pulang membawa berbagai hasil laut. Ini adalah kesempatan emas untuk mendapatkan harga terbaik dari hasil laut terbaik. Pasalnya, harga yang diberikan nelayan bisa jadi lebih murah dibanding membelinya di pasar, yang mungkin hanya berjarak beberapa ratus meter dari posisi anda berdiri.

PANTAI TAPAK PADERI.


Pantai Tapak Paderi menjadi lokasi berkumpulnya anak muda Bengkulu dan sekitarnya untuk melakukan swafoto atau selfie di depan dinding yang terbuat dari sandal. Sandal bekas dari berbagai ukuran dan warna ini dikumpulkan dari pantai oleh warga sekitar, sebagai bentuk kegiatan untuk menjaga kebersihan pantai. Sebelumnya, di pantai ini banyak sekali ditemukan sampah sandal dan lainnya. Dari situlah muncul ide untuk menjadikan sampah ini semacam penanda untuk mengingatkan pengunjung agar menjaga kebersihan pantai. Selain sandal, dibuat pula dinding dari botol plastik bekas dan karang.


Berlokasi tidak jauh dari Benteng Marlborough, Pantai Tapak Paderi awalnya tidak seramai saat ini. Pantai Tapak Paderi memiliki pasir yang berwarna gelap, pantainya luas, dan kadang berombak tinggi. Kondisi ombak yang justru cocok untuk dijadikan lokasi olahraga terbilang ekstrem yakni surfing. Pagi dan sore menjadi waktu yang tepat bagi surfer untuk bercengkerama dengan ombak. Aksi surfer yang berliuk-liuk bermain ombak menjadi salah satu daya tarik pengunjung pantai ini.



  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar