RSS

WISATA PEMANDIAN AIR PANAS DI PULAU JAWA



Air panas yang bermata air dari gunung berapi dipercaya memiliki khasiat untuk kesehatan. Tak mengherankan bila obyek wisata pemandian air panas selalu penuh oleh pengunjung, baik yang sekedar menikmati keelokan alam maupun yang memang berniat mencari kesembuhan dengan cara mandi atau berendam air panas. Berikut 4 tempat pemandian air panas di Indonesia yang bisa menjadi pilihan anda.

GUNUNG PANCAR


Taman Wisata Alam (TWA) Gunung Pancar berada di Desa Karang Tengah, Babakan Madang, Bogor, menawarkan sejumlah fasilitas wisata yang bisa dicoba pengunjung. Lokasinya yang berada di tengah-tengah hutan pinus terbilang menakjubkan. Hamparan hutan pinus hijau disertai udara sejuk menawarkan pesona tersendiri. Bagi pengunjung yang menyukai tracking, bersepeda, atau sekedar refreshing, TWA Gunung Pancar bisa menjadi salah satu alternatif yang menarik. Letaknya cukup dekat dari Jakarta (sekitar 40 km). Selain menikmati indahnya pemandangan alam, pengunjung juga bisa menikmati sensasi mandi air panas di lokasi. Meski tidak mengandung unsur belerang seperti kebanyakan lokasi pemandian air panas, air panas di Gunung Pancar juga dipercaya memberi banyak manfaat kesehatan.

Dari beberapa kolam yang disediakan untuk dewasa dan anak-anak, pengunjung bisa memilih kolam air panas berdinding batu kali yang natural atau kolam dengan dinding keramik yang lebih modern. Selain itu, pengunjung juga bisa melakukan terapi air panas. Nah, jika ingin memperoleh layanan eksklusif, pengunjung bisa datang ke Giri Tirta Hot Spring Resort & Spa. Pemandangan alam yang tersaji di sini pun tak kalah elok. Dari Giri Tirta, pengunjung bisa menikmati bentangan sawah dan deretan bukit menghijau. Giri Tirta menyediakan 13 unit vila, lengkap dengan kolam air panas di masing-masing vila. Layanan yang diberikan antara lain spa, massage, maupun outbound.


CIATER

Pemandian air panas Ciater terletak di wilayah Ciater, Subang, Jawa Barat. Lokasinya tepat di perbatasan antara Bandung dan Subang, bersebelahan dengan Lembang. Air panas di Ciater, yang bersumber dari Gunung Tangkuban Perahu ini bersuhu antara 43-46 Celcius. Air tersebut memiliki kandungan belerang yang sangat bermanfaat bagi kesehatan dan dipercaya bisa menyembuhkan berbagai macam penyakit seperti rematik, penyakit kulit, gangguan saraf, tulang, dan lainnya.


Karena berada di daerah pegunungan, suhu udara di Ciater pun terasa sejuk, bahkan cenderung dingin pada malam hari. Di lokasi tersebut, pengunjung juga bisa menikmati berbagai fasilitas. Misalnya outbound, sarana olahraga, flying fox, arung jeram, dan lainnya. Bagi pengunjung yang berminat menghabiskan malam di Ciater, berbagai penginapan bisa dengan mudah ditemukan di sana, baik yang berkelas vila sampai hotel berbintang dengan fasilitas yang premium.

GUCI



Pemandian air panas Guci terletak di desa Guci, Bumijawa, Tegal, Jawa Tengah. Selain memiliki 10 air terjun dan 6 mata air, di sini tersedia banyak pancuran air panas yang bisa digunakan pengunjung. Kandungan belerang pada air yang mengalir dari pancuran tersebut dipercaya bisa menyembuhkan penyakit seperti rematik dan penyakit kulit lainnya. Memiliki luas 210 Ha, Guci terletak di kaki Gunung Slamet bagian utara dengan ketinggian kurang lebih 1.050 meter. Ada sekitar 10 air terjun yang terdapat di daerah Guci. Di bagian atas pemandian umum, terdapat air terjun dengan air dingin bernama Air Terjun Jedor. Untuk berkeliling di sekitar obyek wisata, pengunjung dapat menyewa kuda dengan tarif yang relatif murah. Lantaran berada di dataran tinggi di kaki Gunung Slamet, kawasan ini berhawa sejuk.

Selain kolam dan pancuran, disediakan pula puluhan tempat pemandian air panas tertutup. Setelah puas menikmati kehangatan air di pemandian air panas Guci, pengunjung bisa melepas penat dengan menyewa vila yang bisa dengan mudah dijumpai di sana, atau menikmati sajian teh poci panas yang legendaris. Sebagai sebuah obyek wisata, fasilitas Guci terbilang lengkap. Mulai wisata hutan, kolam renang air panas, dan juga camping ground. Yang tak kalah menarik adalah Guciku Hot Waterboom, sebuah wahana permainan air lengkap meliputi kolam renang, kolam badan, kolam rendam, dan kolam arus.

CANGAR


Jawa Timur pun punya obyek wisata pemandian air panas. Salah satunya pemandian air panas Cangar yang ada di kota Batu, Jawa Timur. Cangar terletak di kaki Gunung Welirang, tepatnya di dusun Cangar, Sumber Brantas, Bumiaji, Batu. Obyek wisata yang masuk dalam kawasan Taman Hutan Rakyat R. Soerjo ini memang cukup ramai dikunjungi pengunjung, baik yang sekedar ingin menikmati keindahan alamnya maupun yang berniat mandi air panas yang kaya manfaat. Cangar menyediakan beberapa kolam pemandian air panas, masing-masing memiliki tingkat panas yang berbeda. Untuk sampai ke pemandian air panas Cangar, pengunjung harus menggunakan kendaraan pribadi karena tidak ada angkutan umum yang menuju lokasi ini. Meski begitu, panorama menakjubkan sepanjang perjalanan membuat pengunjung tak bakal bosan.

Terdapat beberapa pilihan kolam pemandian untuk berendam, salah satunya kolam khusus perempuan. Ada juga pemandian yang lebih privasi, khusus untuk satu orang berupa kamar semacam sauna. Dinginnya suasana pegunungan membuat pengunjung betah berlama-lama berendam di kolam hangat sambil menikmati pemandangan. Air panas Cangar dipercaya memiliki banyak khasiat, salah satunya bisa menyembuhkan penyakit kulit. Usai berendam, pengunjung juga bisa melepas penat dan menikmati pemandangan Cangar di saung-saung yang disediakan khusus untuk beristirahat. Dan juga ada vila yang bisa disewa dengan harga cukup terjangkau. Di samping itu, pengunjung juga bisa mencicipi aneka sajian kuliner khas kota Batu, salah satunya tape beras ketan hitam.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar