RSS

POTRET : MAHOUT, Sang Pawang Gajah.


Mahout adalah istilah yang digunakan secara internasional untuk pawang gajah. Mahout sendiri diserap dari bahasa Hindi (mahaut) dan bahasa Sansekerta (mahamatra). India, Sri Lanka, Kamboja, Myanmar, Thailand, dan Indonesia juga menggunakan sebutan kata mahout untuk mengistilahkan profesi pawang gajah. Seorang mahout tidak hanya bertugas sebagai pengasuh dengan memberi makan, memandikan, dan melatih gajah. Seorang mahout juga bertugas melakukan pengamatan sehari-hari memantau kesehatan gajah. Pengamatan sehari-hari juga untuk mengidentifikasi 'bakat terpendam' yang dimiliki gajah. Apakah gajah tersebut berbakat di bidang patroli penghalauan gajah dan perlindungan lahan pertanian, gajah wisatawan, atau bahkan gajah yang berbakat di bidang hiburan di arena sirkus.


Untuk memenuhi kebutuhan pelatihan gajah, Pusat Latihan Gajah (PLG) Way Kambas mulai mendatangkan beberapa mahout dari Thailand, lengkap dengan gajah latih yang juga didatangkan dari sana. Materi pelajaran pelatihan gajah tersebut dibagi menjadi beberapa materi pokok, seperti penangkapan gajah liar, pengerungan atau penjinakan, pelatihan kemampuan sirkus, dan patroli. Mahout mempunyai tanggung jawab besar dalam merawat gajah. Satu gajah hanya bisa diperintah oleh satu atau dua mahout. Gajah ini harus dilatih oleh satu atau dua mahout sejak kecil. Pergantian mahout hanya dilakukan kalau sang mahout mengundurkan diri atau gajahnya mati.


Menjadi seorang mahout juga bukanlah tugas yang ringan. Mulai dari risiko gajah asuhannya yang mengamuk, hingga datangnya gajah liar ke permukiman yang mengancam setiap saat. Di sisi lain, mahout harus memperlakukan sang gajah layaknya anggota keluarganya sendiri. Mahout pun harus memperlakukan gajah-gajah yang ada di alam liar dengan kasih sayang. Ada hal yang menarik dari proses interaksi manusia dan gajah tersebut. Sebuah pemandangan yang unik saat mahout memperlakukan gajah seperti anaknya sendiri hingga menganggapnya seperti manusia, dengan mengajaknya berbicara dan bercerita tentang kehidupan sehari-hari.


  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar