RSS

DESTINASI PETUALANGAN BARU DI LEMPUR KERINCI


Desa Wisata Lempur di Kabupaten Kerinci, Provinsi Jambi, baru saja diresmikan pada 20 Agustus 2016. Desa yang terletak di Kecamatan Lempur itu memiliki berbagai potensi wisata yang bisa dikunjungi wisatawan. Di antaranya wisata agro, wisata edukasi, wisata alam, dan wisata budaya. Masyarakat di desa wisata Lempur telah mendapat berbagai pelatihan dari Pemprov Jambi, salah satunya dalam menyambut wisatawan dengan ramah. Di Desa Wisata Lempur juga terdapat beberapa penginapan di rumah warga (home stay) bagi wisatawan yang akan melewati malam sejuk di desa ini.

Desa Wisata Lempur juga masih kental dengan adat budayanya yang sangat menarik dan unik. Di antaranya, masyarakat lokal yang masih menampilkan berbagai tarian tradisional serta upacara-upacara tertentu saat merayakan suatu peristiwa seperti panen atau perayaan lainnya. Selain itu, keunikan desa wisata ini karena memiliki lima danau sekaligus, yakni Danau Lingkat, Danau Nyalo, Danau Duo, Danau Kecik, dan Danau Kaco. Kelima danau tersebut mempunyai karakter yang berbeda dan 80 persen masuk dalam kawasan Taman Nasional Kerinci Seblat (TNKS) dan hutan adat yang meraih penghargaan lingkungan hidup Kalpataru 2015.


Kearifan budaya lokal di Desa Wisata Lempur juga masih terjaga. Masyarakatnya adalah melayu proto atau melayu tua yang masih mempertahankan budaya lokal dan juga ramah dalam melayani tamu. Desa Wisata Lempur saat ini telah menawarkan paket wisata "tour ecotourism" untuk ekspedisi lima danau dengan konsep ekowisata. Wisata ekspedisi lima danau ini, saat ini menjadi favorit dan banyak dikunjungi wisatawan domestik maupun mancanegara. Para wisatawan bisa ekspedisi ke lima danau itu dalam waktu sampai dengan lima hari. Destinasi wisata inilah yang memang sedang dicari oleh wisatawan yang memang menyukai petualangan.






  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar